Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 15 April 2012

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat

0 komentar
Jerawat adalah kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan. Kelebihan produksi kelenjar minyak ini akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Seringkali jerawat bisa menyebabkan peradangan pada kulit yaitu kulit membengkak dan menjadi kemerah-merahan. Peradangan ini disebabkan karena produksi kelenjar minyak kulit yang berlebih yang kemudian menyumbat saluran kelenjar dan membentuk komedo. Penyebab terjadinya jerawat diantaranya : factor genetic atau factor keturunan, aktifitas hormonal, kelenjar minyak yang terlalu aktif dan menumpuknya sel kulit mati.
Jerawat ini pastinya sangat mengganggu sekali karena dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Bagi yang berdompet tebal menghilangkan jerawat bukanlah masalah yang sulit, karena bisa pergi berobat ke dokter kulit atau pakar kecantikan. Nah, tapi bagaimana dengan yang berkantong pas-pasan, apakah tidak ada harapan untuk bisa menghilangkan jerawat?. Jawabnya tentu saja ada, bejibun malahan. Berikut ini adalah cara tradisional yang dipakai oleh para nenek moyang dalam mengatasi masalah jerawat, di jamin keampuhannya karena menggunakan bahan-bahan yang alami, bias di coba deh…..
1.       Bawang putih
Dalam penggunaan bawang putih ada dua pilihan, yang pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara yang kedua adalah memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.
Banyak yang mengakui keampuhan bawang putih ini, tapi tenang bagi yang tidak tahan dengan baunya masih banyak kok cara alami yang bisa digunakan dalam menghilangkan jerawat.
2.       Putih telur (ayam, bebek, dll)
Putih telur mudah sekali diperoleh dan cukup efektif sekali untuk mengatasi jerawat. Caranya yaitu pisahkan antara kuning telur dan putihnya, dan ambil saja putihnya kocok sebentar oleskan pada kulit yang berjerawat dan biarkan semalaman agar jerawat membaik. Putih telur juga berguna untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih.
3.       Lidah buaya (Aloe Vera)
Lidah buaya merupakan salah satu obat yang mujarab dalam mengatasi jerawat, bukan hanya itu saja lidah buaya ini juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya gampang sekali iris lidah buaya dan oleskan lender bagian dalam lidah buaya ke kulit secara teratur. Lakukan secara teratur dan telaten tiap pagi dan sore hari.
4.       Irisan tomat
Mengoleskan irisan tomat pada luka bekas jerawat terbukti bisa menghilangkan noda yang mengganggu. Caranya yaitu belah tomat jadi dua, lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.
5.        Lemon/jeruk nipis + air mawar
Lemon maupun jeruk nipis banyak sekali mengandung citric acid yang sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis/lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin dan konsisten selama 15 hari untuk memberikan hasil yang maksimal.
6.       Es Batu
Es batu disini sangat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori sehingga partikel-partikel kecil penyebab jerawat tidak mudah masuk. Caranya ambil es batu lalu usapkan pada wajah.
7.       Jus ketimun
Jus ketimun merupakan toner kulit alami yang bisa memperbaiki tekstur kulit. Ketimun juga dapat mengurangi peradangan, menghaluskan kulit dan menyembuhkan luka yang disebabkan jerawat.
8.        Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Kunyit sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai ramuan obat alami. Kelebihan kunyit yaitu bisa digunakan sebagai obat baik dari dalam maupun luar, karena untuk hasil yang optimal pengobatan harus dilakukan dari dalam maupun luar. Untuk pengobatan dari dalam caranya yaitu campur sejumput bubuk kunyit dengan segelas susu dan minum setiap hari, sedangkan untuk pengobatan dari luar oleskan pasta atau parutan kunyit ke atas jerawat.
9.       Madu
Madu disini berfungsi sebagai pelembab alami. Diyakini juga khasiat dari masker madu ini bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.
10.   Air
Bisa dibilang air adalah metode perawatan wajah yang paling baik yang bisa diperoleh dari alam. Minumlah air secukupnya untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh, air juga sangat berfungsi untuk meluruhkan sel-sel kulit mati
11.   Buah dan sayuran
Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran

Dari semua cara untuk menghilangkan jerawat di atas tidak harus di coba semua, pilih saja salah satu yang paling mudah yang penting lakukan dengan rutin dan telaten. Selamat mencobaaa…

0 komentar:

Posting Komentar