Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 09 Februari 2012

Gejala Morning Sickness Pada Calon Bunda

0 komentar

Morning Sickness adalah masa dimana seorang calon Bunda merasa tidak nyaman pada sekujur tubuhnya, terutama pada hal pencernaan menjadi keluhan yang paling utama. Menurut dr. Frans O.H. Prasetyadi, SPOG (K) bukan hanya itu saja gangguan yang mengancam kondisi calon bunda. Perubahan hormon serta anatomi tubuh memicu perubahan simtom aneh meski itu ringan tapi sangat mengganggu.
Seperti salah satu diantaranya yang paling umum dialami oleh calon bunda adalah susah menahan kencing. Jika yang dalam kondisi normal keinginan untuk buang air kecil baru terasa setelah tiga atau empat jam, tetapi saat hamil kandung kemih terasa di peras saja dan perasaan ingin buang air kecil menjadi menigkat bisa satu jam sekali, bahkan setengan jam sekali. Dan kondisi tersebut berhubungan dengan hormon progesteron pada calon Bunda yang meningkat. Hormon Progesteron adalah hormon yang bertugas merelaksasi otot-otot polos, termasuk otot yang mengatur system sekresi pada tubuh, yaitu pada kandung kemih. Itulah sebabnya kenapa calon bunda seringkali susah menahan buang air kecil, karena otot lebih mudah bereaksi.
Lalu bagaimana cara mengatasi?. Kondisi tersebut tidak perlu diatasi karena kondisi tersebut normal. Calon Bunda tidak perlu menahan buang air kecil, karena itu sangat berbahaya bila sering menahan buang air kecil apalagi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan keracunan pada Bunda maupun calon baby, karena kandung kemih sudah terlalu penuh tidak bisa menahan lagi kadar air seni dalam tubuh. Dan sebaiknya untuk mengatasi hal tersebut lebih baik Bunda membawa cadangan pakaian dalam dan tisu agar Bunda tetap nyaman jika sewaktu-waktu ingin buang air kecil, dan juga ada baiknya mencoba senam kegel untuk menguatkan otot.
Selain gejala-gejala diatas sering kali calon Bunda juga mengalami berbagai hal-hal seperti dibawah ini diantaranya :
·         Kulit menjadi kusam, Melasma, Stretch Mark
Penyebab : hormon memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Peningkatan aliran darah membuat pembuluh darah makin terlihat jelas dipermukaan kulit.
Cara mengatasi : hal ini tidak perlu diatasi, karena nanti akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Sebaiknya pakai sunblok saja untuk menghambat paparan sinar matahari.
·         Hidung Berair dan Mimisan.
Penyebab : peningkatan aliran darah, termasuk kerongga hidung yang memiliki kapiler. Selaput lendir di rongga hidung pun menebal, sehingga gampang terluka dan berdarah.
Cara mengatasi : kompres hidung dengan air dingin. Kurangi kebiasaan membersihkan cairan hidung atau mengorek hidung dengan cottonbuds.
·         Kaki Bengkak
Penyebab : cairan limfatik dari kaki keatas terhambat perut yang membesar. Juga karena gravitasi.
Cara mengatasi : kurangi aktifitas fisik yang terlalu berat, tinggikan kaki saat tidur, kurangi makanan yang banyak mengandung garam atau gurih, serta lakukan pijat hamil.
·         Gusi Bengkak
Penyebab : perubahan hormonal ini juga tidak berbahaya.
Cara mengatasi : pilih sikat gigi yang lembut, gosok gigi dengan hati-hati. Hindari membersihkan gigi dengan tusuk gigi.
·         Berkeringat Banyak
Penyebab : karena metabolism meningkat sehingga suhu tubuh meningkat, dan berkeringat untuk menjaga stabilitas suhu tubuh.
Cara mengatasi : gunakan baju berbahan tipis dan mudah menyerap keringat. Bila perlu sediakan handuk kecil dan bedak dalam tas untuk menjaga tubuh tetap fresh. Banyak minum air putih.
·         Puting Membesar dan Berwarna Gelap
Penyebab : dikarenakan meningkatnya hormone, sehingga menyebabkan hiperpigmentasi di daerah yang memang sudah gelap. Dan kondisi itu normal bagi Bunda yang akan menyusui.
Cara mengatasi : kondisi seperti ini tidak perlu dikawatirkan dan tidak perlu diatasi karena puting akan kembali normal setelah menyusui.


(sumber : Jawa Pos)

0 komentar:

Posting Komentar